welcome


Kamis, 23 Agustus 2012

UNDUR-UNDUR DAN KEBERSIHAN



        
Mungkin anda sudah tidak asing lagi ketika melihat hewan yang berjalan mundur dan memiliki rumah  cerung yang berbentuk corong, yang bukan lain adalah undur-undur.
                Binatang yang tergabung dalam family Myrmeleontidae ini adalah larva yang ketika tumbuh dewasa nanti, akan menjadi serangga yang menyerupai capung dan dapat terbang.
            Tahukah anda bahwa sebenarnya binatang yang sering kita sebut undur-undur(antlion) memiliki kebiasaan yang semestinya dapat kita teladani.
            Antlion atau undur-undur sangat menjaga kebersihan, hal ini dapat kita lihat pada tempat tinggalnya yang hanya terdiri dari pasir yang lembut dan tidak ada kotoran sedikitpun di sana, ketika ada sesuatu yang masuk, dengan sigap undur-undur akan menggigit dan menariknya masuk ke dalam tanah.
            Akan tetapi jika ternyata yang ia tarik bukan seekor serangga atau semut yang menjadi mangsanya, undur-undur akan segera melontarkannya keluar, jika anda tidak percaya, anda bisa mencoba dengan memasukkan sesuatu yang keci lseperti potongan daun di dalam cerukannya.
            Sebenarnya Allah telah menyampaikan pesan tersirat dari seekor undur-undur untuk selalu menjaga kebersihan.
                Dan orang-orang yang selalu menjaga kebersihan termasuk orang-orang yang beriman, sebagaimana ungkapan yang sangat terkenal ini: 

اَلنّظَفَةُ مِنَ اْلاِيْمَانِ   
“kebersihan sebagian dari iman”
Dan sebagaimna yang telah di terang di dalam hadist:

الطُّهُورُ شَطْرُ الإِيمَانِ                                                           

“sebagian itu bagian dari iman”(HR.Muslim)

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ فَنَظِّفُوا أُرَاهُ قَالَ

أَفْنِيَتَكُمْ وَلَا تَشَبَّهُوا بِالْيَهُودِ



                Artinya: “allah itu bersih dan menyukai kebersihan”.
                Kita sebagai umat muslim seharusnya  tahu tentang hal ini dan dapat mengamalkannya, coba kita memandang ke tempat tetangga negara kita berada, mereka mayoritas penduduknya berstatus non muslim, tetapi mereka dapat menjaga kebersihan tempat mereka berada, mengapa kita tidak?.
                                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar